26/05/2012

Pak Corel, Mengedit Dunia Dengan Cinta..



Panggil saja Anung, pemuda murah senyum hampir tambun ini berusia 30 tahunan. Hari-harinya dihabiskan di depan monitor komputer, asbaknya pasti selalu penuh puntung rokok djarum supernya. Kalo dikumpulkan dalam setahun, puntung-puntung itu bisa membentuk sebuah pulau kecil tambahan di Indonesia.
Hidupnya didedikasikan untuk desain grafis, nggak tau software apa yang dia pake tapi teman-temannya di Jogja memanggilnya dengan sebutan Pak Corel. 
Kecintaannya dengan desain grafis berawal dari lingkungan kuliahnya di D3 Advertising UGM lebih dari 10 tahun yang lalu.  Menurutnya, desain grafis membuat dirinya lebih banyak belajar bagaimana cara mengedit hidup.
Dengan menjadi desainer grafis, dia banyak bertemu banyak seniman besar, kecil, maupun sedang. Ketrampilannya banyak dimanfaatkan oleh para seniman seperti band Superman Is Dead, Sineas Garin Nugroho, sutradara muda Kuntz Agus, hingga para politisi yang sedang berkampanye.


"Aku memulai karirku dari nol.. Dulu aku buat pamflet-pamflet sedot wc.." kenangnya sambil meminum A&W Root Beer kesukaannya. 
"Tapi itu dulu, sekarang aku nggak mau terima lagi pesenan kaya gitu, aku udah nggak terima lagi pembuatan desain poster 2 warna" Tambahnya dengan tertawa terkekeh.

Laura Basuki meminta langsung ke 
Anung untuk pembuatan poster film
Republik Twitter ini
Eka memberikan fedora hat-nya
sebagai ganti desain yang diberikan oleh
Anung 
Dia mengakui proses kreatifnya memang dari nol, tapi dengan ketekunan dan kedisiplinan kini dia menjadi raja desain. Bahkan pentolan band Radiohead asal Inggris, Thom Yorke pun pernah memesan sebuah desain untuk dirinya.
"Mas Tom (Thom Yorke) tahu dari internet, tentang aku. Dia langsung kirim pesen di blog-ku.. Katanya dia suka desain-desainku trus dia minta aku buatin buat dia. Desain itu untuk dijadiin kaos suvenir band radio (radiohead)"


Hidup memang penuh rintangan, tapi asal kita mau berusaha semua pasti ada jalannya. Anung adalah salah satu contohnya, dengan ketekunannya ia berhasil menjadi desainer grafis papan atas di negri ini. Seperti keinginannya mengedit hidupnya, dan akhirnya dia berhasil.
Hmmm... Sepertinya Indonesia yang harus segera diedit oleh Pak Corel.

Thom menghubungi Anung langsung
untuk desain ini


Semua gara-gara gambar ini...!!!!!


Kamu harus kenal Anung Heyho a.k.a Pak Corel dengan membuka link ini..




3 comments:

  1. wakakaka...pak corel...yang selalu mau berbgai ilmu...juooozzzz...

    ReplyDelete
  2. Ternyata pak corel dahsyat sekali ya kak. SALUT buat pak corel!!

    ReplyDelete